Pantai Biduk Kaltim Harga Masuk, fasilitas, dan Lokasi

Pantai Biduk Kaltim Harga Masuk, fasilitas, dan Lokasi - Provinsi Kalimantan Timur dengan ibu kota Samarinda terkenal memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi, yang mana Kalimantan memang tersohor dengan hutan tropisnya, akan tetapi wisata alam yang ditawarkan di Kalimatan tak hanya melulu soal hutan yang lebat dan tropis, dimana di Kaltim terdapat sebuah pantai mempesona serta masih terjaga keindahannya yang dikenal dengan Pantai Biduk. Pantai ini menjadi salah satu pilihan destinasi terbaik di Wilayah Kaltim dimana keindahannya tidak perlu diragukan lagi, seperti putihnya pasir pantai, jernihnya laut, serta deretan pohon kelapa adalah bukti keindahan pantai ini, selain itu suasananya yang sangat tenang walaupun pada saat banyak wisatawan yang datang. 

Sumber : celebes.co

Saking indahnya, Pantai Biduk Kaltim mendapat julukan khusus oleh para wisatawan yakni  sebagai Rumah Matahari Terbit, yang mana julukan itu benar adanya di karenakan diantara semua kawasan pantai di Kalimantan Timur untuk melihat sunset, tempat ini bisa dikatakan paling baik dan pas yang disebabkan oleh letak Geografisnya. Sunset dan Sunrise adalah keindahan yang dapat dinikmati saat melakukan perjalanan wisata di pantai ini. keindahannya pun memang sangat indah karena perpaduan warna antara langit tampak oranye, biru, hingga ungu, dengan kejernihan laut dan daratannya. Bagi anda yang suka fotography, teknik terbaik saat melakukan pemotretan adalah Siluet dan fokus pada pemandangan belakang. Adapun waktu yang tepat saat mengunjungi Pantai Biduk adalah saat matahari akan tenggelam sekitar pukul 4 sore, dimana pesona langitnya akan perlahan akan berubah, tampak semburat warna pun mulai bermunculan. Dan untuk bulan terbaik saat berkunjung adalah November akhir sampai Januari awal, dimana pada bulan tersebut matahari terlihat lebih dekat dan menawan.

Sumber : cnnindonesia.com

Daya tarik dari Pantai Biduk Kaltim tidak hanya soal matahari terbit hingga terbenam saja, dimana banyak aktivitas lain dapat anda nikmati di pantai ini, seperti duduk, berjemur dan bersantai di atas pasir menggunakan tikar, bermain air sampai berenang disepanjang bibir air laut hingga melihat flora dan fauna endemik dimana tempat ini memiliki 164 jenis Flora endemik asli seperti, Sorea Mojongennsis, Monocarpia Euneura, hingga Monnocarpia kalimantannensis. Tidak hanya pemandangan alamnya saja, hingga cuaca di objek wisata ini pun sangat bersahabat untuk para wisatawan, yang mana pada saat siang hari, panas matahari tidak begitu terik serta menyengat dan begitu juga saat malam hari, anginnya tidak membuat suasana menjadi dingin.

Selain itu, di pantai Biduk juga telah tersedia beragam fasilitas untuk wisatawan, seperti berbagai macam penjual makanan mulai dari warung sampai pedagang kaki lima, sehingga anda pun tidak perlu repot membawa logistik dari rumah. Berbagai menu makanan yang dijajakan di pantai ini pun cukup lengkap,  dengan pilihan seafood, Ikan Kakap Merah, Cumi, Kepiting, Lobster, hingga Udang dengan berbagai macam proses pengolahan yang bisa anda pesan, seperti di goreng saja, dibakar, masak asam manis, atau asam pedas. Tidak hanya itu, tersedia juga berbagai olahan bumbu khas tradisional dari Kalimantan Timur serta sambal pedas, lalapan, sayuran yang membuat nafsu makan akan bertambah. Dan jangan lupa juga untuk menikmati kesegaran dari es klamut alami, dimana kesegarannya masih terjamin dengan dipetik langsung dari pohonnya.

Sumber : nativeindonesia.com

Bagi anda yang ingin menginap di pantai ini juga tersedia penginapan dengan harga dimulai Rp.300 ribu, dimana pilihan penginapan pun cukup banyak sesuai dengan budged anda mulai  dari home stay, hotel, hingga Resort mewah. Apabila anda ingin berkeliling menggunakan perahu pun bisa, dimana anda dapat memanfaatkan perahu nelayan untuk berkeliling, atau anda dapat berjalan menuju ke dermaga Teluk Sulaiman yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit dengan berjalan kaki. Di Dermaga teluk Sulaiman ini mempunyai berbagai macam fasilitas seperti, speed boat atau kapal lainnya tersedia, dimana anda bisa menyewanya untuk berkunjung ke beberapa pulau sekitarnya, salah tunya ke pulau habitat dari penyu hijau, dan bila anda beruntung, Anda bisa menyaksikannya langsung.

Untuk lokasi Pantai Biduk Kaltim, mungkin agak merupakan jalan panjang untuk para wisatawan dari luar pulau tetapi semua itu terbayarkan ketika tiba di pantai indah ini, dimana para wisatawan harus melalui Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di kota Samarinda dengan harga tiket yang ditetapkan mulai dari Rp.400 ribu hingga Rp.900 ribu, dan kedua adalah Bandara Kalimarau di Kabupaten Berau. Waktu tempuh yang normal hanya 45 menit akan tetapi saat menunggu transit disesuaikan dengan maskapainya, bahkan banyak wisatawan bisa mencapai 24 jam penuh. Tidak hanya sampai disitu saja, dimana perjalanan panjang selanjutnya menuju ke Teluk Sumbang Kecamatan Biduk-Biduk dengan waktu tempuh kurang lebih 7 sampai 10 jam. Selain melalui jalur darat, menuju ke pantai biduk dari bandara Kalimarau juga dapat ditempuh menggunakan laut, dimana anda bisa menyewa kapal dari Tanjung Batu. Walaupun agak mahal, akan tetapi banyak wisatawan menilai lebih terjamin keamanan dan nyaman dibandingkan menempuh dengan perjalan darat, selain itu para wisatawan juga akan di pandu oleh Jasa profesional guide yang sudah menjemput dari Bandara.

Adapun yang perlu jadi catatan saat berkunjung ke pantai ini adalah, Pertama adalah sinyal telekomunikasi, dimana hanya ada satu provider saja sanggup menjangkaunya yakni Telkomsel, yang kedua adalah supply listrik, yang mana hanya tersedia selama 12 jam saja, biasanya pukul 6 sore sampai 6 pagi. Banyak homestay atau penginapan bintang 4 ke bawah biasanya kesulitan menyediakan genset saat siang hari. Oleh karena itu, pastikan saat tersedia aliran ini Anda mengisi daya ke gadget anda seperti hp, kamera, atau laptop anda. Atau lebih baik jika anda membawa baterai cadangan, sebab signal yang susah akan cepat menguras daya baterai perangkat anda juga.